Monday, January 5, 2009

PT Gunung Madu Plantations

Selayang Pandang

PT Gunung Madu Plantations berdiri tahun 1975. Perusahaan berstatus PMA, bergerak di bidang perkebunan tebu dan pabrik gula.

Lokasinya terletak di Gunung Batin, Lampung Tengah, sekitar 90 km arah utara kota Bandar Lampung. Total areal yang dikelola 35.000 ha dengan luas kebun 24.500 ha. Sisanya merupakan jalan, bangunan pabrik, perkantoran, pemukiman, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sungai-sungai, rawa, dan kawasan konservasi.

Produksi utama PT GMP berupa gula pasir, rata-rata 170.000 ton/tahun. Sedangkan hasil sampingan berupa molasses rata-rata 75.000 ton/tahun.

Perkebunan tebu dan pabrik gula merupakan kegiatan yang ramah lingkungan. Hasil samping dan limbahnya mempunyai nilai ekonomis. Limbah pertanian yang berupa sisa-sisa tanaman (pucuk, daun) dikembalikan ke tanah sebagai mulsa. Limbah pabrik berupa ampas tebu (bagasse) digunakan untuk bahan bakar ketel pembangkit tenaga listrik dan bahan pupuk kompos. Sementara blotong (filter cake) juga dikembalikan ke kebun sebagai pupuk organik.

GMP memiliki kolam Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) seluas 10 ha untuk memproses limbah cair. Air yang telah bersih dimanfaatkan lagi untuk irigasi tanaman di kebun. Kolam IPAL selama ini juga dimanfaatkan warga untuk rekreasi dan memancing. IPAL GMP sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai IPAL terbaik di Lampung Tengah maupun tingkat Provinsi Lampung.

Bagi masyarakat desa sekitar, keberadaan PT GMP sangat membantu. Selain menyediakan lapangan kerja, PT GMP juga sudah banyak membantu pembangunan fasilitas umum desa, seperti balai desa, kantor Dewan Perwakilan Kampung, masjid, pengerasan jalan, gorong-gorong, dan sebagainya.

Setiap kemarau, PT GMP memberi bantuan air bersih secara cuma-cuma kepada warga desa sekitar. Bukan hanya itu PT GMP pun sejak tahun 2004 mejadi pusat pelatihan bagi peningkatan mutu guru di Kabupaten Lampung Tengah.

1 comment:

  1. Mohon Penjelasan Mekanisme kerjasama / Kemitraan , Saya Nama SUKAMAT BUDI SANTOSO NO HP. 085369424094 saya punya lahan 10 Ha di Kecamatan Bandar Mataram Lokasi di Desa Cabang mau kerja sama kemitraan gimana caranya

    ReplyDelete